Sabtu, 06 Juni 2015

Bisnis Proses Penyelenggaraan Seminar Internasional

Tugas 7 MIS

Seminar Internasional yang dibahas adalah Quality in Research atau yang bisa disingkat QiR. QiR diadakan oleh Fakultas Teknik Universitas Indonesia. QiR saat ini sudah memasuki tahun ke-14 pelaksanaannya pada tahun ini, yang akan diadakan pada tanggal 10-13 Agustus 2015. Prosedur penyelenggaraan dimulai dengan pemilihan PO seminar oleh dekan FT. Kemudian pembentukan panitia, perencanaan dan persiapan seminar, proses pengiriman paper oleh peserta, penilaian paper oleh tim pemeriksa paper, pengumuman peserta terpilih, hingga pelaksanaan seminar dan pertanggungjawaban seminar tersebut. Proses ini dari awal hingga akhir terjadi selama kurang lebih 1 tahun 2 bulan. 

Kemudian, agar dapat mengimprove bisnis proses dari penyelenggaraan seminar internasional ini, dilakukan beberapa improvement. Improvement yang pertama adalah pengubahan alur proses pemeriksaan paper dari peserta hingga sampai ke tim pemerksa paper. Tim pemeriksa paper yang awalnya harus menunggu paper peserta dikirim oleh panitia, saat ini memiliki akses terhadap situs pengumpulan paper dari peserta. Sehingga tim pemeriksa paper dapat langsung memeriksa paper tersebut. Improvement yang kedua adalah ditetapkannya deadline tertentu pada proses-proses perencanaan dan persiapan seminar sehingga dapat selesai tepat waktu. Setelah adanya improvement ini, proses ini dapat berlangsung kurang dari 1 tahun yaitu sekitar 10 bulan.

Mata kuliah : Management Information System

2 komentar:

  1. Tulisannya menarik. sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  2. dulu saya buta tentang BPR. saya kira Baper. Setelah saya membaca review jurnal yang di post oleh sdr Astrid, saya jadi tahu bahwa BPR (Business Process Reengineering) merupakan tools dalam melakukan inovasi terhadap Sistem Bisnis jenis apapun. Terima kasih Astrid Lelitya Rahma

    BalasHapus